Berikut adalah
resume saya untuk materi Struktur Pasar
Pasar merupakan
tempat interaksi antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses jual beli.
Sedangkan struktur pasar dapat diartikan sebagai penggolongan produse kepada
beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang
dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau
masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Struktur pasar
dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu :
1. Persaingan
Sempurna
2. Pasar Monopoli
3. Pasar
Monopolistik
4. Pasar Oligopoli
5. Pasar Duopoli
Dari penjelasan tersebut,
terdapat beberapa pertanyaan, yaitu :
1. Bagaimana cara
menaikkan pasar tradisional menjadi pasar modern ???
Pasar merupakan
tanggung jawab pemerintah daerahnya masing-masing. Jika lapak pasarnya bagus,
maka harganya pun tinggi. Pasar modern ada hanya di beberapa wilayah saja,
seperti di daerah BSD, Tangerang. Dan tidak semua wilayah dapat menyediakan
lapak untuk pasar modern.
2. Apa perbedaan
pasar konkret dan pasar abstrak ???
Pasar konkret dapat
dikatakan sebagai pasar real. Para penjual dan pembeli bertemu secara langsung.
Sedangkan, pasar abstrak yaitu pasar tidak nyata. Pasar ini secara fisik,
barangnya tidak ada di tempat. Tapi, kita bisa melakukan transaksi. Berikut ini
beberapa contoh yang termasuk ke dalam pasar abstrak, yaitu:
-bursa/pasar
komoditi : pasar yang menjual barang-barang pertanian, contohnya bawang,
kedelai, dll.
-bursa valuta asing
: pasar yang menjual uang-uang asing.
-bursa saham
Tidak ada komentar:
Posting Komentar