Sabtu, 27 April 2013

TIPS MEMILIH PENGASUH ANAK


TIPS  MEMILIH PENGASUH ANAK

Memilih pengasuh anak saat ini sudah menjadi kebutuhan keluarga yang tinggal dikota-kota besar. Terutama di ibu kota DKI Jakarta, dimana banyak kedua orang tua yang harus bekerja mencari nafkah diluar rumah demi kebutuhan hidup keluarganya. Dengan demikian kedua orang tua harus meninggalkan anak-anaknya dan mau tak mau harus menggunakan jasa pengasuh anak,perawat atau pembantu.
Mencari pengasuh anak bukanlah hal yang mudah. Tingkat kepercayaan menjadi syarat yang sangat mutlak dalam memilih perawat yang baik dan bertanggung  jawab. Untuk menghindari hal-hal  yang tidak diinginkan, saya mempunyai  beberapa tips untuk mendapatkan pengasuh anak yang baik dan bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan terhadap anak kita.
                                                                               
   Berikut beberapa tips dalam memilih pengasuh anak :
·         Pilihlah pengasuh anak melalui perantara keluarga, teman atau tetangga. Sebab memperkerjakan orang yang sudah dikenal membuat kita tidak khawatir bahwa orang tersebut tidak akan berbuat tindakan krimnal. Karena kita telah mengetahui jelas keluarga, latar belakan dan asal pengasuh tersebut.
·         Jika ingin mengambil jasa pengasuh anak dari agen penyalur pengasuh anak, pilih agen yang sudah terkenal, pengalaman dan professional .
·         Jangan memilih pengasuh anak  yang masih dibawah umur, karena sangat kurang pengalaman. Sebaiknya memilih pengasuh anak yang sudah cukup umur dan memiliki pengalaman yang cukup baik.
·         Bila perlu lakukan interview seperti menyeleksi calon karyawan. Apabila diperlukan, buatlah daftar pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaannya, dengan begitu bisa dilihat kualitas yang dimiliknya dan kepribadiannya lebih mendalam.
·         Apabila sudah merasa cocok dengan calon pengasuh anak tersebut, perkenalkanlah kepada anak anda. Lihatlah apakah mereka mempunyai interaksi yang baik atau tidak.
·         Lihat reaksi anak Anda dan dengarkan apa yang dikatakan anak Anda setelah bertemu dengan pengasuh tersebut. Kecocokan antara anak dan pengasuhnya adalah hal yang sangat penting.
·          Berikutnya calon pengasuh anak harus memiliki dan memahami pertolongan pertama pada saat anak mengalami kecelakaan.
·         Dalam cara memberi  makan kepada anak, pengasuh harus tahu bagaimana cara menghangatkan dan mendinginkan makanan yang benar.
·         Dan yang terakhir mencari pengasuh anak carilah yang jujur, karena kejujuran adalah sumber utama dari segala hal.
    Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih pengasuh anak. Bila Anda telah memilih, tumbuhkan rasa saling percaya dan membangun hubungan baik dengan pengasuh anak agar terjalinnya hubungan yang harmonis. Perlakukanlah mereka dengan baik seperti keluarga sendiri. Masalah pembayaran atau upah gaji, berikanlah hak mereka sesuai dengan pekerjaannya. Dan apabila kita mempunyai rejeki lebih, kasihlah mereka bonus atau hadiah apabila mereka bekerja dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar