Minggu, 12 Mei 2013

Perbedaan Agama, Budaya Dan Adat Istiadat

Banyak sekali perbedaan yang Tuhan ciptakan dalam hidup ini.
Di Negara kita Indonesia misalnya, banyak sekali perbedaan yang dianugerahkan Tuhan kepadaan Negara kita. Dengan banyak sekali
keanekaragaman perbedaan dari Sabang sampai Merauke yang meliputi perbedaan agama, perbedaan suku, perbedaan bahasa,perbedaan adat istiadat dan perbedaan budaya. Setiap suku bangsa dinegara kita mempunyai kebiasan hidup yang berbeda – beda. Karena kebiasaan hidup itulah yang menjadi budaya dan cirri khas dari Negara kita. Persatuan dan kesatuan menjadi kunci sukses Negara kita dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Dan tercetuslah semboyan “ Bhineka Tunggal Ika “ yang berarti biarpun berbeda – beda tetapi tetap satu jua, serta semboyan ini telah menjadi salah satu modal dasar dalam persatuan, kesatuan dan pembanguna Negara Indonesia.

Disini saya akan menejelaskan sedikit satu persatu perbedaan – perbedaan yang ada :

· Yang pertama agama

Menurut saya agama adalah modal, pondasi dan penuntun hidup yang harus dimiliki serta diyakini setiap manusia agar mempunyai arah dalam hidupnya. Di Negara kita sendiri banyak sekali agama yang diyakini, misalnya Agama Islam, Kristen khatolik, Kristen Protestan, Hindu dan Budha. Walaupun Negara kita sebagian besar memeluk agam islam, tetapi tetap saling menghargai dan menghormati terhadap agama yang satu dengan agama yang lainnya. Tuhan dari masing – masing agama memanglah berbeda – beda, tetapi pada hakikatnya hanya ada satu Tuhan didunia ini. Apapun agama yang peluk dan yakini didunia ini, mempunyai maksud, tujuan dan arah kebaikan dalam hidup ini. Jadi tanamkanlah sifat saling menghargai dan menghormati untuk mempersatukan tali silaturahmi yang baik dari perbedaan agama yang ada didunia ini.

· Yang kedua budaya
Budaya itu adalah hal – hal yang berkaitan dengan akal dan pikiran manusia. Budaya dinegara kita sangat beranekaragam dari setiap daerahnya, yang membuat negara kita memiliki nilai dan ciri khas tersendiri dari segi budaya, misalnya budaya dari daerah batak, jawa, sunda dll. Budaya memang berbeda – beda tetapi hebatnya masyarakat kita bisa saling menerima, menyayangi, menghormati serta saling mengahrgai satu sama lain walapun budaya negara kita berbeda - beda. Perbedaan budaya tidak menghalangi negara kita dalam membangun kerukunan dan keharmonisan negeri ini. Jadi, walaupun budaya negeri kita berbeda – beda, kerukunan dan keharmonisan akan menyatukan perbedaan tersebut.

· Yang ketiga adat istiadat
Adat istiadat adalah hal lazim yang pasti dimiliki setiap daerah. Banyak sekali adat istiadat yang menempati daerah – daerah di Indonesia. Didaerah – daerah seperti pulau jawa, Sumatra dll adat istiadat masih menjadi hal wajib yang harus dijaga dan dillestarikan di daerahanya.Misalnya tari – tarian yang digunakan untuk merayakan dan mengucap syukur kepada Tuhan dan leluhur atas berkah serta kemakmuran daerahnya.. Karena adat istiadat memiliki nilai – nilai yang sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat didaerah – derah yang ada di negara kita. Jadi, bukanlah hanya arti dari adat istiadat yang dipahami, namun jagalah dan lestarikan nilai – nilai dan ciri khas dari adat istiadat agar generasi – generasi setelahnya dapat mengetahui, memahami dan bisa merasakan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.

“ Perbedaan adalah hal, masalah dan situasi yang sangat sulit disatukan dalam hidup ini, tapi Tuhan akan memberikan jalan yang terbaik bagi siapapun yang ingin menyatukan perbedaan tersebut, karena perbedaan ada didunia ini untuk dipersatukan “. By : DPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar