Rabu, 08 Mei 2013

(Resume) Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran


Seperti yang telah kita ketahui, hukum permintaan yaitu semakin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta. Semakin rendah harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang diminta. Sedangkan hukum penawaran kebalikannya, yaitu bila tingkat harga mengalami kenaikkan, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga mengalami penurunan, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun pula.

Dari hukum permintaan dan penawaran diatas, kita dapat mengambil contoh beberapa kasus. Dan salah satu contoh kasus yang dibahas oleh kelompok 1 yaitu mengenai kenaikan harga bawang. Kasus tersebut memang sedang menjadi topik pembicaraan di berbagai media elektronik. Bukan hanya media elektronik saja, namun ibu-ibu rumah tangga pun membicarakan persoalan tersebut, termasuk ibu saya. menurut saya, kenaikan harga bawang putih hingga mencapai kurang lebih 75.000 per kilogram di daerah saya, sangatlah tidak wajar. Biasanya harga bawah putih mencapai sekitar 20.000 per kilogramnya. Dan harga bawah merah mencapai kurang lebih 60.000 per kilogram,  yang biasanya hanya berkisar antara 20.000-30.000 per kilogramnya. Oleh sebab itu, hal ini sangatlah memberatkan perekonomian para masyarakat Indonesia. Apalagi untuk masyarakat yang terbilang perekonomiannya rendah.
Seharusnya, produksi bawang merah di Indonesia aman. Pembagian untuk bawang merah mencapai 90 persen untuk dalam negeri dan 10 persen impor. Sedangkan pembagian untuk bawang putih 10 persen produk dalam negeri dan 90 persen impor.  Lalu mengapa harga bawang merah dan bawang putih bisa mengalami kenaikan secara drastis ???
Seperti yang sudah dibahas pada presentasi kelompok 1, salah satu penyebabnya yaitu masalah distribusi. Seharusnya kegiatan impor tidak dibatasi. Disini para petani tidak diuntungkan, karena hal ini menyebabkan inflasi.
Semoga pemerintah bisa membenahi strategi persoalan pangan yang terjadi dalam negeri ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar