Rabu, 08 Mei 2013

(Resume) Uang


Seperti yang kita ketahui bahwa Uang adalah alat untuk pembayaran yang sah, atau alat tukar yang resmi dalam proses pertukaran barang maupun jasa. Keberadaan uang juga menjadi salah satu alternative transaksi yang lebih mudah selain dari barter yang kurang cocok dalam perekonomian di era modern ini, karena setiap orang harus mempunyai keinginan yang sama satu sama lain untuk melakukan pertukaran selain itu sulit juga untuk menentukkan nilainya. Secara umum, uang dibedakan menjadi dua, yaitu uang kertas dan uang logam. Mungkin dijaman sekarang ini orang lebih memilih untuk menggunakan uang kertas karena lebih mudah untuk melakukan transaksi, meskipun dari kedua jenis uang tersebut masing-masing mempunyai kelemahan


Pemerintah berperan dalam menjaga kestabilan mata uang, jumlah uang yang beredar pada sebuah negara itu memiliki kesepakatan, bila pemerintah ingin menambah jumlah uang yang diedarkan maka yang terjadi adalah tingkat suku bunga diturunkan dan bila pemerintah ingin mengurangi jumlah uang yang diedarkan maka akan terjadi kenaikan tingkat suku bunga.

Bank merupakan sebuah lembaga keuangan yang umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang dan menerbitkan promes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar